Skip to main content

My Mental Health Journey [Part 5]: Tentang Borderline Personality Disorder

Tiga bulan berlalu setelah sesi konseling dengan psikolog lewat aplikasi Riliv. Tepatnya 17 Juli 2020, aku memutuskan kembali berkonsultasi dengan profesional. Saat itu Kinan sudah berusia dua tahun dua bulan. Aku mencoba konseling lewat aplikasi Grab, melalui fitur GrabHealth, untuk konsultasi dengan psikiater (lagi). Biayanya jauh lebih terjangkau dibanding aplikasi sebelumnya, untuk sekali sesi hanya bayar sebesar Rp. 25.000,- dengan durasi konseling satu jam. Harapanku dengan melakukan konseling ini adalah untuk lebih memahami apa yang salah dan langkah apa yang harus kuambil selanjutnya. Syukurnya di sesi konseling kali ini seperti mendapat pencerahan tentang apa yang sebenarnya terjadi padaku, penjelasannya sangat masuk akal.

Sebelum mulai konsultasi, aku sebagai klien harus menceritakan secara singkat masalah apa yang sedang dihadapi. Aku bercerita selama menjadi ibu rasanya sering sedih berkepanjangan, bahkan ada titik dimana rasanya tidak ingin hidup lama-lama. Waktu anak berusia 10 bulan pernah konsultasi online dengan psikiater lalu didiagnosa gejala depresi. Tapi aku pikir akan membaik dengan sendirinya seiring berjalannya waktu. Ternyata sampai anak berusia dua tahun lebih, rasanya makin parah. Yang membuatku semakin khawatir dengan kondisi kesehatan mentalku adalah munculnya gejala self harm atau menyakiti diri ketika sedang menangis atau merasa kesal.

Kurang lebih percakapanku dengan psikiater itu seperti ini…

Psikiater : Apakah ada hal-hal atau masalah yang jadi beban pikiran anda akhir-akhir ini?

Aku         : Ada dok. Ayah saya baru saja kehilangan pekerjaan karena efek pandemi. Sedangkan ibu saya juga sudah tidak berpenghasilan. Mereka bercerai ketika saya umur tiga tahun. Saya merasa jadi anak yang tidak berguna. Karena seharusnya sebagai sarjana satu-satunya dalam keluarga inti, saya bisa membantu finansial keluarga. Tapi kenyataannya setelah lulus kuliah, saya malah seperti didorong untuk segera menikah (karena calonnya sudah ada), lalu sekarang menjadi ibu rumah tangga yang hanya mengandalkan pemasukan dari suami. Saya ingin bekerja di luar rumah, tapi keadaan belum memungkinkan karena gak ada yang bisa dipercaya untuk dititipkan anak sementara. Karena pandemi juga tempat penitipan anak pada tutup. Saya jenuh dengan aktivitas di rumah yang itu-itu saja. Dalam hati saya ingin berkarir, berkaya, berpenghasilan agar bisa membantu orang tua.

P            : I see. Saya turut prihatin atas apa yang anda rasakan ini ya. Pada dasarnya saya menilai mood atau respon emosi anda sendiri sebenarnya sudah relatif tidak stabil atau berlebihan jika dibanding kebanyakan orang. Sering juga tidak anda merasa hampa, kosong, seperti tidak yakin atau ragu dengan apa yang anda inginkan sebelumnya?

A            : Iya, betul itu dok. Saya juga sering merasa minder, apalagi melihat teman-teman yang sibuk dengan karirnya masing-masing. Sedangkan saya cuma bisa di rumah ngurus anak. Sering ada perasaan bahwa orang yang paling dibenci dalam hidup adalah diri saya sendiri.

P            : Begitu ya. Saat mood atau emosi anda sedang tidak stabil, pernah juga tidak sampai terpikir atau ada ide untuk melukai diri atau bunuh diri?

A            : Melukai diri enggak dok, tapi menyakiti iya.. seperti memukul kepala sendiri atau memukul tembok. Ini sebenarnya pernah saya lakukan waktu masa remaja sekitar SMP-SMA. Waktu kuliah saja yang tidak pernah. Suicidal thoughts juga tidak ada, karena saya takut sakitnya. Yang saya rasakan bukan keinginan untuk mati, tapi ketidakinginan untuk hidup.

P            : Hmm ya, ya. Jadi begini bu, dari apa yang anda ceritakan di atas, saya menilai pada dasarnya anda memiliki gangguan kepribadian borderline. Kepribadian borderline ini ditandai dengan ciri utama emosi/mood yang sering tidak stabil. Jadi dibanding orang lain, mood kita sudah lebih tidak stabil duluan. Sehingga saat ada stressor/masalah yang buat orang lain biasa saja, sudah bisa membuat kita depresi, cemas, atau overthinking, emosi berliebihan, bahkan bisa sampai ada pikiran atau ide untuk melukai diri atau bunuh diri.

A            : Saya pernah baca tentang BPD ini dok, tapi gak berani untuk self diagnose. (Note: BPD, Borderline Personality Disorder)

P            : Nah, jadi intinya ada orang dengan kepribadian borderline, karena mood atau emosinya memang sudah cenderung tidak stabil, yang bersangkutan mudah mengalami depresi atau kecemasan berlebihan setiap ada masalah. Termasuk yang anda alami saat ini. Memang ada tanda-tanda depresi pada diri anda, akibat masalah yang anda pikirkan tersebut. Tetapi sebetulnya kalau kita lihat kembali, masalah yang anda pikirkan itu lebih banyak ketakutan anda sendiri, bukan masalah yang benar-benar terjadi. Karena cara berpikir anda, masalah itu seolah tampak lebih berat dari yang seharusnya.

A            : Berarti baiknya bagaimana dok? Saya ingin berobat, tapi ditengah kondisi sekarang ini masih takut untuk ke rumah sakit, dok..

P            : Kondisi ini bisa diperbaiki. Tapi memang perlu ditangani langsung oleh psikiater dan terapi rutin dulu. Tidak bisa berubah instan. Anda perlu mendapat terapi yang tepat berupa konseling rutin (untuk memperbaiki cara berpikir anda terhadap beberapa hal yang tampaknya kurang tepat) dan dibantu obat juga sementara ini. Jadi selanjutnya yang saya sarankan memang anda sudah harus ke psikiater terdekat untuk mendapat konseling rutin dan mendapat obat.

A            : Berarti memang harus diobati ya dok.

P            : Konseling rutin itu tujuannya perlahan-lahan memperbaiki cara berpikir anda yang selama ini cenderung berlebihan, dan jadinya malah merugikan anda sendiri. Semua hal anda pikirkan. Lalu memang pada kondisi depresi dan kepribadian borderline juga sudah perlu dibantu obat. Mood atau emosi itu pusatnya di otak, dipengaruhi beberapa zat atau hormone yang terganggu keseimbangannya pada saat depresi. Supaya hormone dan zat-zat tersebut stabil lagi, ya sudah perlu dibantu obat juga.

A            : Baik dok, nanti saya akan usahakan untuk cari psikiater terdekat.

P            : Selain itu ada cara sederhana yang bisa anda lakukan dan saya sarankan anda biasakan latih setiap hari, yang disebut teknik relaksasi. Lakukan terutama saat kecemasan akan masalah muncul dan emosi sedang tidak stabil. Begini caranya teknik relaksasi: saat rasa tidak nyaman itu datang, mulai berdebar-debar misalnya atau mulai cemas, kesal, sedih, sakit hati, coba and acari tempat tenang. Kemudian duduk/berdiri tegak, tarik nafas dalam dan hembuskan perlahan, begitu terus selama 5-10 menit non stop.

A            : Noted dok, saya akan praktekkan. Saya akhir-akhir ini juga kehilangan nafsu makan dan minat terhadap hal yang saya sukai sebelumnya.

P            : Iya, depresi memang efeknya bisa kemana-mana. Termasuk ada keluhan fisik seperti orang sakit fisik, tidak dapat menikmati semua hal yang biasanya anda sukai, pikiran pesimis atau negative terus, sulit konsentrasi dan membuat keputusan yang tepat, sehingga jadinya mengganggu semua sendi kehidupan sehari-hari, dan bisa berbahaya kalau sudah ada pikiran atau ide untuk melukai diri atau bunuh diri. Kalau tidak diobati maka tidak akan sembuh sembuh. Dan semakin lama akan semakin berat rasanya.

A            : Berobat ini bisa pakai BPJS gak ya dok?

P            : Bisa. Kalau anda ingin menggunakan BPJS, berarti memang harus ke rumah sakit pemerintah atau rumah sakit yang bekerja sama dengan BPJS. Paling gampang yang sebetulnya berobat ke RSUD setempat saja. Umumnya saat ini setiap RSUD sudah punya psikiater. Di setiap RSUD juga bisa menggunakan BPJS. Dengan BPJS, semua biaya konsultasi dan obatnya ditanggung kok.

A            : Baik dok, terima kasih banyak atas penjelasannya. Sangat membantu sekali dan berguna untuk Langkah yang saya ambil ke depannya.

----------------------------------------------------------

Satu kata yang kurasakan setelah selesai konsultasi: lega. Aku tidak khawatir dengan diagnosis dokter tentang kepribadian borderline itu, karena penjelasan dokter yang terperinci, logis, dan sesuai dengan apa yang kurasakan selama ini. Sekarang aku sudah tau apa yang salah, tinggal dicari jalan keluarnya pelan-pelan..


((bersambung))

Popular posts from this blog

Pengalaman ke Psikiater dengan BPJS

 Tulisan ini berdasarkan pengalaman pribadi, jika ada kesalahan mohon dikoreksi ya.. Di postinganku sebelumnya ( My Mental Health Journey Part 5 ), kata psikiater yang kuajak konsul online saat itu bilang kalo berobat kesehatan jiwa ke psikiater bisa menggunakan BPJS. Setelah aku googling, memang bisa. Berikut langkah-langkahnya.. Pertama, pastikan dulu kita sudah terdaftar sebagai peserta BPJS aktif, tidak ada tunggakan iuran. Lalu untuk bisa berobat ke psikiater di rumah sakit, kita memerlukan surat rujukan dari fasilitas kesehatan tingkat 1 (Faskes 1). Biasanya faskes 1 ini berupa puskesmas, klinik, atau praktek dokter umum pribadi. Beberapa puskesmas di Jakarta udah tersedia Poli Jiwa yang ada psikolognya, memang bukan dokter, tapi untuk kasus yang masih bisa ditangani tanpa obat, alangkah baik jika melakukan konseling dulu dengan psikolog di puskesmas, gratis (jika faskes 1 kita di situ). Kalo yang di faskes 1 nya gak ada poli jiwa, gimana? maka harus minta rujukan untuk ke rumah

My Mental Health Journey [Part 2] : Pertama Konsultasi ke Profesional

Langkah awal yang ku ambil untuk mendapat bantuan profesional dilakukan dengan konsultasi melalui aplikasi Halodoc dengan seorang psikolog klinis. Tepatnya tanggal 14 Januari 2019, Kinan masih berusia 8 bulan. Kira-kira seperti ini percakapanku dengan psikolog saat itu… Aku        : Saya merasa sulit mengontrol emosi di depan anak. Anak saya baru beusia 8 bulan. Rasanya kelakuan yang sebenarnya wajar dilakukan oleh bayi, tapi membuat saya sangat kesal. Sampai banting-banting barang. Saya tahu ini gak baik untuk anak saya. Saya korban perceraian orang tua, sejak umur tiga tahun saya diasuh oleh nenek dari pihak ayah. Sampai saat ini saya gak terlalu dekat dengan ibu kandung. Rasanya gak begitu sayang dengan beliau, karena saya merasa dulunya gak diurusin. Psikolog: Baik. Sebelumnya boleh saya tau harapan ibu dalam melakukan konsultasi ini? A             : Saya perlu arahan apakah sebaiknya saya sudah butuh untuk berobat ke psikiater atau belum P             : Menurut saya

My Mental Health Journey [Part 1] : Deteksi Awal

Gak ingat kapan tepatnya pertama kali menyadari bahwa ada yang salah, kenapa aku gak seperti kebanyakan ibu-ibu normal lain yang merasa bahagia karena punya anak. Kenapa setelah jadi ibu, malah lebih banyak menangis daripada tersenyum apalagi tertawa bahagia?  Aku melahirkan di rumah mertua, gak seperti kebanyakan ibu lain yang  melahirkan anak pertamanya dekat dengan ibu kandungnya. Mungkin karena dari kecil aku juga gak dekat dengan ibu. Rasanya justru lebih nyaman di tempat mertua daripada di rumah orang tua sendiri. Dua bulan pertama sebagai ibu kulewati di sana, sampai akhirnya kami memutuskan untuk kembali merantau ke Bogor. Bedanya dulu di rumah cuma berdua, sekarang jadi bertiga dengan anggota keluarga baru yaitu si bayi. Bisa dibilang aku gak ada gejala  baby blues  yang parah selama itu. Tapi siapa sangka justru gejala  depresi  yang muncul setelahnya, setelah berbulan-bulan mengurus anak di perantauan hanya dengan suami,  no helper at all .. Yang aku ingat saat itu Kinan mas